Connect with us

Xiaomi

4 Cara Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4A

Hallo sobat cararoot.id…..

Gimana kabar kalian ni…. 2 hari tak memposting rasanya jadi kayak ada yang hilang , apalah yang hilang, dan ternyata postinganku yang tertinggal gak diterbitkan… Hehe…

Oh ya gimana ni gan, udah pada ada perkembangan belum cara root atau modifikasi android… Pasti udah ada lah ya sedikit-sedikit… Soalnya kan sekarang ini sudah tambah banyak smartphone yang baru-baru, jadi sebisanya kita harus tau cara mengembangkan system android dari mulai hp yang jadul, agak jadul, menengah, hampir menengah, dan yang paling baru…

Ok para tamu, yang saat ini akan kita bahas adalah bagaimana cara Memasang TWRP untuk Hp Xiaomi Redmi 4A… Nah mungkin para newbie, agan-agan, semuanya udah pada tau tentang hp ini, dan kalian pasti sudah pernah melihat cara memasang twrp untuk hp ini yang hampir bisa dibilang agak rumit. Sulit sih nggak ya, hanya rumit aja. Karena harus memasang ini itu dan harus login sana sini…

Ya , begitulah xiaomi. Itulah mungkin komitmen xiaomi dalam menjaga privasi para penggunanya, TAPI jika ingin memodifikasi hp ini harus wajib dilepas dulu setengah dari system keamanannya. Contohnya Bootloadernya, sebelum kita melakukan pemasangan TWRP , kita harus lebih dulu mengUnlock Bootloadernya, dan cara mengUnlock-nya itu gak segampang yang seperti mengUnlock bootloadernya ASUS.

Untuk mengUnlock Bootloadernya Xiaomi ini, kita harus minta registrasi dulu, dan hp yang kita gunakan juga harus di verifikasi. Yaaa kalo bahasa sekarang itu harus Full Approve. Kalian bisa lihat dipostingan saya yang sebelumnya, Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4A, ini bukan hanya untuk Redmi 4A aja gan. Tapi cara unlock ini berlaku pada semua Xiaomi.

Ok lah , langsung aja kita siapkan alat dan bahannya ya :

1. Kabel USB (Pastinya)

2. Minimal ADB Fastboot –Download

3. Adb Setup –Download

4. File Fastboot TWRP –Download

5. SuperSU.zip –Download

Langkah awal yang akan kita lakukan adalah :

1. Ekstrak , Pasang , dan Copy

Jika semua file diatas selesai didownload. Kalian ekstrak file Minimal adb Fastboot.zip, File Adb Setup.rar, dan File Fastboot TWRP.rar , buat didalam satu folder. Dan untuk file SuperSU.zip, kalian Copy dan taruh di internal hp xiaomi(diluar Folder). Lalu setelah ke tiga file di ekstrak, kalian pasang Adb setup, dan minimal Adb Fastbootnya.

2. Matikan dan Masuk Fastboot Mode

Setelah langkah diatas selesai. Sekarang kalian Matikan Hp Xiaomi, dan Masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan Tombol Volume (-), dan Power secara bersamaan sampai keluar gambar Si Mi yang sedang bongkar Robot Andro. Dan setelah itu Sambungkan Hp ke PC dengan Kabel USB.

3. Mulai Flash TWRP

Setelah hp tersambung. Kalian kemudian buka folder Fastboot Twrp yang sudah di ekstrak tadi. Lalu kalian Tekan Tombol Shift di Keyboard, lalu kalian klik kanan, dan kalian pilih “Open Command Windows Here”.

– Setelah Command Windows terbuka(itu yang layar hitam), kalian ketik “fastboot devices”, lalu hp akan terbaca dan akan ada tulisan di log command windows.

– Jika hp sudah terbaca, kalian ketik lagi “fastboot flash recovery twrp4a.img”, setelah itu akan ada muncul command windows yang sedang memproses twrp kedalam system hp. Ini berlangsung kira-kira 6-7 detik.

– Setelah File TWRP.img terpasang, kalian ketik lagi “fastboot boot twrp4a.img”. Ini agar hp merestart dan langsung masuk ke twrp, gunanya juga untuk memastikan apakah memang twrp sudah terpasang di hp.

4. Buka TWRP dan Pasang SuperSU.zip

– Setelah kalian masuk ke TWRP, kalian akan disambut oleh bahasa dewa(alias bahasa cina, hehe). Jangan takut , kalian pilih saja bahasa cina yang abu-abu sebelah kanan, lalu kalian pilih dan cari Bahasa English, tekan Ok.

– Setelah bahasa selesai dipilih. Kalian centang yang ada tulisan “Never Show”, lalu kalian Swipe yang ada tulisan “Swipe to Allow Modification”. Dan setelah kalian masuk ke Layar awal TWRP , kalian pilih Install, lalu kalian pilih lagi SuperSU.zip dan Swipe ke kanan untuk mengkonfirmasi Pemasangan. Dan kalian tunggu hingga proses pemasangan selesai, biasanya 4 menitan.

– Setelah supersu selesai dipasang, kalian reboot system hp, lalu kalian tunggu boot pertama dulu, setelah boot loop 1x, kalian tunggu hingga loading hp selesai dan hp kembali ke layar homescreen, lalu kalian lihat di Menu, aplikasi SuperSu sudah terpasang.

Selamat , hp kalian sudah berhasil pasang TWRP dan Root.

NB : Ini hanya berlaku pada Hp Xiaomi Redmi 4A yang sudah di Unlock Bootloadernya. Jika kalian belum paham unlock bootloader, silahkan kalian klik ini -> Cara UBL Xiaomi Redmi 4A Rolex

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Xiaomi

To Top